Tentang Pusat Komunitas Kreatif

By Pusat Komunitas Kreatif 26 Agu 2017, 17:12:44 WIB

Pusat Komunitas Kreatif (Puskomkref) Kabupaten Temanggung

Berdasarkan data dari Disperindagkop UKM jumlah pelaku UKM di Kabupaten Temanggung mencapai 12.000 kelompok usaha. Adapun dari sekian banyak pelaku UKM di Temanggung baru sedikit yang memanfaatkan TIK dalam proses bisnis dan promosi produknya. Berangkat dari realita tersebut Pemkab Temanggung melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika mengambil inisiatif sebagai berikut:

 

Bulan April Tahun 2012 --- Pemerintah Kabupaten Temanggung mengajukan proposal pembangunan Pusat Komunitas Kreatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

 

Tahun 2013 ----Direktorat e-Bussiness Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengadakan kunjungan ke Kabupaten Temanggung guna survey kesiapan sarana dan prasarana pendukung, terutama kesiapan gedung yang nantinya menjadi lokasi Pusat Komunitas Kreatif. Pada tahun ini pemerintah Kabupaten Temanggung belum dapat menyediakan gedung.

 

        Tahun 2014 ---- Setelah di anggarkan di APBD TA 2014 gedung bakal lokasi Pusat Komunitas Kreatif mulai dibangun dengan dijadikan satu komples dengan gedung UMKM Center yang berlokasi di Jalan Suwandi Suwardi Kompleks Gedung Pemuda Kabupaten Temanggung, dari pihak Direktorat e-Bussiness Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melakukan kunjungan untuk mengecek kesiapan akhir sarana dan prasarana.

 

Juni – Juli 2014---- Gedung sudah selesai dibangun, dilanjutkan dengan instalasi perangkat dan pelatihan kepada pengelola Pusat Komunitas Kreatif.

 

Agustus 2014---- Diadakan pelatihan angkatan I oleh Kementerian Kominfo RI. 8 September 2014 Pusat Komunitas UMKM Kabupaten Temanggung diresmikan oleh Bapak Dirjen Aptika dan Bapak Wakil Bupati Temanggung. September 2014 diadakan pelatihan angkatan II dengan sumber dana APBD II