Dinkominfo Temanggung Studi Banding Pengembangan E-Commerce Ke Disperindag Sleman

By Pusat Komunitas Kreatif 04 Sep 2017, 15:57:41 WIB Puskomkref
Dinkominfo Temanggung Studi Banding Pengembangan E-Commerce Ke Disperindag Sleman

Temanggung, MediaCenter – Rabu (30/8), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) beserta dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Dinperindagkop UKM) Temanggung mengadakan kunjungan sekaligus studi banding ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman mengenai pengembangan dan pengelolaan aplikasi E-commerce.

Rombongan yang dipimpin oleh Kabid Komunikasi Dinkominfo, Rahayu Sri Suswaty diterima oleh Sekretaris Disperindag Kabupaten Sleman Dra. Mae Rusmi Suryaningsih, M.T. Dalam paparan beliau menjelaskan mengenai awal terbentuknya aplikasi e-commerce Sleman-mall yang merupakan kerjasama antara Kabupaten Sleman dengan Bank Negara Indonesia (BNI) sejak tahun 2016, yang bertepatan dengan hari jadi 100 th Kota Sleman, “kerjasama ini dilakukan dengan membangun e-commerce Pojok Sleman Mall”, jelas Mae Rusmi.

Pada pertengahan tahun 2017 tepatnya bulan Juni, Disperindag Sleman kembali menjalin kerjasama dengan BNI dengan fokus kepada pendampingan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan program “Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sleman”. Program ini memberikan pendampingan kepada UKM berupa peningkatkan kopentensi SDM, peningkatan kualitas produk, pemasaran, konseling dan juga memberi solusi untuk permasalahan yang dihadapi UKM. Dalam program ini Disperindag Sleman dan BNI bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai konsultaan, untuk membimbing UKM dalam pemasaran secara online maupun offline.

Untuk Sleman-mall.com Disperindag juga dibantu oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) sebagai pengelola dalam urusan packing dan pengiriman. Dalam membangun e-commerce yang pertama perlu disiapkan adalah menyiapkan strategi promosi untuk e-commerce agar bisa dikenal luas, kedua menyiapkan SDM full time untuk mengelola online store dan yang terahir menyiapkan UKM yang siap diajak bekerjasama.

Diharapkan dengan studi banding ini Pemkab Temanggung bisa membangun E-commerce seperti Sleman-mall.com untuk meningkatkan kesejahteraan UKM di Kabupaten Temanggung. (MC TMG/Penulis: Agung, Foto: NNA Editor: Ekape)

sumber : http://mediacenter.temanggungkab.go.id/home/berita/400/dinkominfo-temanggung-studi-banding-pengembangan-e-commerce-ke-disperindag-sleman

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Facebook

Jejak Pendapat

Pelatihan TIK apa yang anda inginkan?
  Photoshop
  Microsoft Office
  Website Blog
  Video Promosi
  Video Animasi

Komentar Terakhir

  • cetak brosur murah

    Dengan begini pelaku ukm akan mudah dalam memasarkan produk mereka. Bisa menjadi skill tambahan ...

    View Article
  • Ecommerce Indonesia

    keren sudah ada aplikasi slemanmall. UKM di daerah jadi semakin ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video

Trafik

Flag Counter